Hasil Bimbingan Karier merupakan salah satu input (sejumlah pengarahan informasi bagi siswa yang bersangkutan, terutama informasi tentang keadaan dirinya, pendidikan lanjutan dan lapangan pekerjaan, baik keputusan untuk melanjutkan pendidikan maupun keputusan memasuki lapangan pekerjaan. Kedua-duanya memerlukan pertimbangan lebih dahulu, terutama berkaitan dengan kemampuan diri (Keadaan diri) individu siswa yang bersangkutan.Bagi mereka yang lansung memilih lapangan pekerjaan akan menilai dirinya sendiri bidang pekerjaan apa yang cocok dengan dirinya. Bakat memberikan kecendrungan untuk memperoleh keberhasilan (Belajar / bekerja) dalam bidang tertentu. Minat memberikan kecendrungan senang atau tidak senang pada pelajaran / pekerjaan tertentu. Hal ini sangat penting untuk pengambilan keputusan tentang pekerjaan yang dicita-citakannya.
Tidak terbatas hanya untuk perusahaan, jasa Social Media Specialist juga digunakan oleh individu, terutama para public figure seperti politisi dan selebritis. Bagi mereka, citra dan popularitas sejak dulu dianggap sebagai salah satu parameter kesuksesan, dan kini keberadaan social media menjadi medium baru untuk mendulang ketenaran. Di sinilah kepiawaian Social Media Specialist memposisikan dan memanipulasi citra sang klien di dunia maya sangat dibutuhkan.

Bimbingan karir di sekolah diarahkan untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman peserta didik akan ragam kegiatan dan pekerjaan di dunia sekitarnya, pengembangan sikap positif   orang lain, dan mengembangkan kebiasaan hidup yang positif. Bimbingan karir di sekolah dasar juga terkait erat dengan upaya membantu peserta didik memahami apa yang disukai dan tak disukai, kecakapan diri, disiplin, mengontrol kegiatan sendiri. Masalah karir yang terjadi pada siswa sekolah biasanya adalah:
Selama menelusuri kehidupan, beberapa orang memiliki pilihan atau kesempatan untuk memilih dari pada yang lain.Contoh, diantara siswa memiliki beberapa pilihan untuk memilih seperti jurusan, jenis pekerjaan, serta bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tapi bukan berarti pilihan-pilihan tersebut akan dapat dipenuhi tanpa ada dasar yang memotivasi diri dalam diri siswa itu
Banyaknya jumlah pencari kerja di seluruh dunia menjadi salah satu masalah yang selalu ingin diselesaikan oleh semua negara. Jutaan orang rela mengantri untuk diterima di perusahaan agar dapat bekerja dari jam 9 pagi ke 5 sore demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Berbagai seleksi masuk kerja mulai dari tes kemampuan sampai tes kesehatan pun rela dilakukan untuk mendapatkan penghasilan.
×