Para siswa yang melanjutkan pendidikannya, maupun yang langsung bekerja, tidak langsung demikian saja tetapi melalui suatu proses pengambilan keputusan mengenai suatu pekerjaan yang dipilihnya. Hal tersebut sangatlah kompleks dan memerlukan sebanyak-banyaknya informasi, pengetahuan, pertimbangan, dan didalamnya terkandung suatu harapan dan keyakinan atas apa yang di perbuat.
Era digital membawa banyak perubahan, termasuk di berbagai bidang pekerjaan. Kini bekerja dari rumah bukan lagi sesuatu yang mustahil. Kamu yang berprofesi sebagai womanpreneur, penulis, fashion designer, graphic designer dan puluhan profesi lainnya kini bisa menghasilkan uang tanpa harus terjebak macet untuk pergi ke kantor. Tapi sayangnya rasa malas dan suasana rumah yang terlalu nyaman sering membuatmu terlena dan kurang produktif dalam bekerja. Popbela akan memberikan tips-tips ampuh agar pekerjaanmu tak lagi tertunda dan memberkan hasil yang maksimal meski kamu bekerja di rumah. 

Karier adalah pekerjaan, profesi (Hornby, 1957). Seseorang akan bekerja dengan senang hati dan penuh kegembiraan apabila apa yang dikerjakan itu sesuai dengan keadaan dirinya, kemampuannya, dan minatnya. Sebaliknya, apabila seseorang bekerja tidak sesuai dengan apa yang ada dalam dirinya maka dapat dipastikan ia akan kurang bergairah dalam bekerja, kurang senang, dan kurang tekun.
Pilihan warna amat memberikan kesan kerana kajian membuktikan warna amat mempengaruhi mood kerja. Ini termasuklah warna dinding, perabot, kelengkapan kerja dan sebagainya. Warna hijau dikatakan dapat memberikan kesan baik kepada mood disamping meningkatkan konsentrasi dan fokus. Warna ungu pula boleh meningkatkan daya kreativiti manakala merah dan oren dikatakan memberikan tenaga ekstra.
1.    Menurut Winkel (2005:114) Bimbingan karir adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja atau jabatan /profesi tertentu serta membekali diri supaya siap memangku jabatan itu, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapanan pekerjaan yang dimasuki. Bimbingan karir juga dapat dipakai sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan peserta didik yang harus dilihat sebagai bagaian integral dari program pendidikan yang diintegrasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi
Individu terbabit perlu memainkan peranan dan melibatkan diri secara aktif dengan profesional PK dan mengambil bahagian dalam perkhidmatan yang disediakan, demi manfaat mereka sendiri. Dengan memahami apa yang ingin dilakukan, dan apa yang perlu dilakukan untuk berpindah kepada kerjaya seterusnya, profesional PK boleh memberikan nasihat dan sokongan bagi sebarang latihan dan peningkatan kemahiran yang diperlukan, atau mencari jalan kerjaya yang sesuai bagi setiap individu.

Memang banyak tempat bimbingan belajar besar dengan bangunan  yang telah ada di tiap-tiap kota dan sudah terkenal sebut saja seperti bimbingan belajar “Ganesha Operation”. Namun bimbingan belajar sekelas itu hanya bisa dijangkau saja oleh orang-orang yang berduit atau kaya saja, lalu untuk orang-orang yang menengah ke bawah dan ingin untuk memasukkan anak mereka ke tempat bimbingan belajar tentu ini juga merupakan peluang yang bagus juga untuk anda karena rata-rata  orang menengah ke bawah itu lebih banyak jika dibandingkan dengan orang menengah ke atas, sehingga jika anda membuka usaha bimbingan belajar anda di rumah pasti akan banyak juga orang-orang yang memiliki kapasitas menengah ke bawah dan ingin memasukkan anak mereka ke tempat bimbingan belajar anda.
Akhir kata saya mengucapkan berbanyak terima kasih pada Puan Masayu Ahmad. Terima kasih atas segala ilmu yang diberikan. Saya doakan semoga Allah memberi kesihatan yang baik pada Puan dan dipermudahkan urusan untuk terus mencurah ilmu pada wanita di luar sana seperti saya yang mahu kembali menjadi suri rumah dan berbakti pada keluarga, menjadikan rumahku itu syurgaku. Serta diberikan kekuatan pada diri ini untuk terus menulis dan berkongsi ilmu. Aamin.
Jika Anda  bekerja sebagai karyawan perusahaan, tentu setiap hari kerja harus menghadapi berbagai rintangan sebelum sampai ke kantor, misalnya kemacetan. Selain itu ketika pulang ke rumah dan dihadapi lagi oleh kemacetan di jalan, pastinya Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu di perjalanan pulang. Ditambah lagi, ketika sudah tiba di rumah dari kantor, tentu Anda akan merasa sangat lelah dengan begitu waktu pulang biasanya memutuskan untuk langsung beristirahat.
Saya ingin berterima kasih pada teman FB, Puan Saniah yang memperkenalkan tim ABDR kepada saya beberapa tahun yang lalu.Ya, beberapa tahun yang lalu, barulah saya mengorak langkah pertama belajar secara berguru. Terima kasih juga kepada guru online Puan Anys atas bantuan dan tunjuk ajar hingga saya berjaya mempelajari selok-belok membuat borang tempahan dan sebagainya.
Hindari pekerjaan rangkap. Meskipun menurut Anda melakukan pekerjaan secara rangkap akan membuat banyak tugas terselesaikan dan mempercepat hari kerja, Anda sesungguhnya akan lebih fokus jika menyelesaikan satu jenis pekerjaan sekaligus. Lihatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan satu per satu dan Anda terkejut dengan seberapa lebih cepat Anda akan menyelesaikan berbagai tugas daripada jika berusaha menyelesaikan empat pekerjaan sekaligus.
4.    Menurut  Rochman Natawidjaja (1990: 1) Bimbingan karir adalah suatu proses membantu seseorang untuk mengerti dan menerima gambaran tentang diri pribadinya dan gambaran tentang dunia kerja di luar dirinya, mempertemukan gambaran diri tersebut dengan dunia kerja itu untuk pada akhirnya dapat memilih bidang pekejaan, memasukinya dan membina karir dalam bidang tersebut
Ada baiknya jika Anda juga bisa memberikan mereka motivasi dan Anda juga harus memiliki komunikasi yang baik dengan mereka supaya mereka bisa paham  dengan betul dan akhirnya nyaman untuk belajar di tempat bimbel anda. Tak hanya itu saja, Anda juga harus percaya diri dan tidak perlu takut saat mengajar  supaya ilmu yang Anda berikan juga lebih mudah untuk dipahami.
Sebelum bekerja untuk 3M, Desy, demikian ia biasa disapa, telah berprofesi sebagai in house counsel di berbagai perusahaan multinasional lainnya selama belasan tahun. Desy memaparkan dengan pengalamannya bagaimana in house counsel bekerjasama lintas unit mulai dari HRD, Internal Audit, Compliance, Corporate Secretary, hingga langsung berurusan dengan jajaran Direksi. Dijelaskan pula jenis-jenis dokumen perusahaan yang harus dipahami dalam menjalankan peran sebagai penasehat hukum bagi perusahaan. Desy juga memberikan simulasi khusus bagi peserta mengenai kasus hukum yang biasa ditangani in house counsel dalam perusahaan.
Selain itu, bimbingan karir juga perlu diberikan pada mahasiswa untuk melatih mental mereka pada saat bekerja. Tidak sedikit dari mereka yang ketika bekerja, tidak mampu beradaptasi atau kalah saing hanya karena mental mereka belum terlatih dengan persaingan profesional seperti pada saat mereka bekerja. Bimbingan karir dapat membantu mereka agar mempunyai gambaran mengenai situasi pada pekerjaan yang mungkin akan mereka hadapi.
Tetap terhubung secara sosial. Tidak semua bisnis harus dilakukan di kantor. Menikmati makanan ringan ketika ada diskon, makan siang, atau meminum kopi dan kue beberapa kali dalam sebulan tidak hanya membantu Anda berinteraksi, tetapi juga dapat menjadi cara yang tepat untuk terhubung dengan kolega dan supervisor. Sebuah studi tahun 2015 dalam jurnal Human Performance menemukan bahwa bertemu sembari menikmati makanan dapat membangun keterpaduan dalam tim dan mempererat hubungan, juga memberikan kesempatan untuk beristirahat dan mengobrol dengan santai.
Melihat antusiasme masyarakat Indonesia akan media sosial tersebut, terdapat beberapa keuntungan yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya dengan menjadikan media sosial sebagai lahan menciptakan lapangan pekerjaan. Berikut Hipwee berikan beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial. Pekerjaan tersebut cocok dicoba oleh para generasi millennial karena sangat kekinian!
Hindari pekerjaan rangkap. Meskipun menurut Anda melakukan pekerjaan secara rangkap akan membuat banyak tugas terselesaikan dan mempercepat hari kerja, Anda sesungguhnya akan lebih fokus jika menyelesaikan satu jenis pekerjaan sekaligus. Lihatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan satu per satu dan Anda terkejut dengan seberapa lebih cepat Anda akan menyelesaikan berbagai tugas daripada jika berusaha menyelesaikan empat pekerjaan sekaligus.
Bangunlah komunikasi yang profesional lewat telepon dan Skype. Agar profesional saat bekerja di rumah, Anda perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Jika Anda melakukan konferensi telepon, Anda harus lebih siap daripada kolega Anda yang bekerja di kantor karena Anda perlu berbicara lebih keras agar terdengar dan memastikan orang-orang tahu siapa Anda meskipun bekerja dari rumah.
Apakah Anda sering menggunakan media sosial? Saat ini hobi bisa menjadi sebuah peluang dalam mendapatkan penghasilan tambahan, terutama dengan memanfaatkan media sosial. Hobi apa saja yang dapat membantu Anda menjadi seorang buzzer? Biasanya hobi menulis artikel pada blog, travelling, kuliner, make up, photography dan masih banyak jenis hobi lainnya. Hal penting yang harus Anda punya untuk menjadi seorang buzzer adalah influence yang besar untuk orang banyak. Anda harus yakin bahwa kicauan Anda di twitter atau unggahan foto di Instagram cukup berpengaruh dan bisa mengajak orang untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang Anda promosikan.
Fasilitas yang harus anda miliki adalah kursi meja papan tulis spidol buku-buku pelajaran dan kertas serta Anda juga harus mempersiapkan ruangan khusus untuk berlangsungnya bimbel  anda. Tempat yang Anda pilih haruslah nyaman saat digunakan untuk belajar dan usahakan supaya tempat tersebut tidak terlalu berisik sehingga anak-anak yang belajar di ruangan tersebut bisa dengan mudah berkonsentrasi  dan mereka juga akan lebih paham mengenai ilmu yang anda berikan. Jika ada dan dibutuhkan Anda juga bisa menambahkan fasilitas seperti kipas angin dan juga proyektor.

Seharusnya seorang bekerja harus mendapatkan imbalan yang layak untuk para pekerja. Supaya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya dan juga bisa membahagian anak-anak mereka. Banyak sekarang ini bekerja hanya sekedar menghabiskan waktu saja dan gaji yang diterima tidak sebanding apa yang diharapkan. Kebanyakan gaji yang seharusnya mencukupi kebutuhan satu bulan. Ternyata kebanyakan sudah habis dipertengahan bulan dan tentu ini sungguh mengecewakan.
×