Jangan mengerjakan hal-hal pribadi selama jam kerja. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga saat sedang bekerja, atau bahkan membuat janji pribadi, tindakan tersebut bukanlah sikap yang profesional untuk mencampuradukkan tugas-tugas rumah dengan pekerjaan Anda yang sebenarnya. Anda mungkin merasa cara ini dapat menghemat waktu, namun sesungguhnya Anda kehilangan waktu dengan berusaha menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus.
Grace dan Debora, dua mahasiswi semester VII dari perguruan tinggi negeri di Surakarta, merasa pelatihan ini sangat banyak memberikan ruang diskusi untuk memasuki dunia profesional yang mereka minati. Yang paling mereka sukai adalah adanya sesi simulasi kasus yang didiskusikan para peserta bersama para narasumber. Begitu pula tanggapan Edo, fresh graduate dari Semarang yang mengaku para pembicara sangat terbuka memancing partisipasi tanpa ada sekat yang membuat mereka segan untuk bertanya,”Saya kira bakal ada sekat, tapi pesertanya nanya apapun pasti dijawab, bagus,” katanya.
Bangun hubungan dengan rekan kerja yang dapat memberi Anda informasi. Meskipun sering mengunjungi kantor secara berkala, Anda mungkin masih akan ketinggalan berita atau informasi saat sedang tidak berada di sana. Lakukan obrolan secara teratur dengan kolega yang bersedia memberikan informasi penting, bahkan sekadar tentang perubahan kebiasaan atau suasana di kantor.
Anda bisa mengatasi ini dengan membuat sebuah ruangan sendiri khusus untuk bekerja sebagai pemisah Anda dengan anggota keluarga.Dengan adanya ruangan kerja sendiri, bisa menjadikan sebagai penanda jam bekerja. Jadi, jika sedang berada di dalam ruang kerja, tentu anggota keluarga akan segan untuk mengganggu jam kerja sampai keluar dari ruangan tersebut.
Beberapa tahun lalu Youtube hanya digunakan untuk melihat video klip atau trailer film aja. Namun beberapa waktu terakhir, Youtube bisa menjadi lahan untuk mencari pundi-pundi bahkan pekerjaan tetap. Salah satunya adalah dengan menjadi kreator atau yang sering disebut sebagai youtuber. Menjadi youtuber nggak hanya bermodal punya kamera aja, tapi pekerjaan ini juga dituntut untuk selalu mempunyai ide-ide yang keren serta kemampuan editing video yang mumpuni. Yang nggak kalah penting adalah ketekunan dan keseriusan dalam membuat video-video berkualitas.
Ramai orang sering kaitkan kerja part time atau separuh masa di rumah ini hanya untuk golongan surirumah sahaja. Namun tanggapan tersebut ternyata jauh tersasar dengan zaman serba moden yang sedang kita harungi ini. Fenomena bekerja di rumah ini telah lama digunapakai di negara-negara moden yang lain dan baru-baru ini ia telah menjadi satu lumrah dan semakin banyak kerja part time yang boleh dilakukan di rumah. Tidak kira anda tinggal di Shah Alam, Bangi, Serdang, Puchong atau dimana sahaja, batas geografi bukan lagi menjadi kekangan.
Menjadi sosial media traveler adalah pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai, namun kamu perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel, maskapai penerbangan, hingga agen perjalanan untuk memberikan review akan sebuah produk.

Apalah arti kerja dari pagi sampai malam, lama-lama bisa tua dijalan karena pulang terkena macet. Saat ini bekerja harus di kantor merupakan pekerjaan yang sangat bagus untuk kebanyakan orang yang mencari pekerjaan. Cara orang berpikir gaya lama mungkin punya minset harus bekerja di kantor. Namun di era modern yang canggih ini berbeda, bekerja tidak harus ke luar rumah membuang waktu dan tenaga.
×