Gunakan semua teknologi yang ada. Meskipun email masih sering digunakan, teknologi lain seperti pesan instan, konferensi, dll. akan membantu Anda terhubung dengan anggota tim secara lebih cepat. Anda tidak mungkin mendatangi meja rekan kerja atau beristirahat bersama mereka dalam situasi ini, jadi, manfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk memulai percakapan dan berkolaborasi bila perlu.
Menjadi sosial media traveler adalah pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai, namun kamu perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel, maskapai penerbangan, hingga agen perjalanan untuk memberikan review akan sebuah produk.
Seiring dengan perkembangan dan pergerakan zaman yang kian cepat, bekerja tidak lagi harus Anda lakukan di kantor. Beberapa perusahaan start up justru meminta karyawan bekerja dari rumah demi meminimalkan biaya sewa gedung, listrik, hingga akses internet. Dari sisi pekerja, bekerja dari rumah juga terbilang menyenangkan lantaran Anda tidak perlu mengeluarkan uang transportasi atau menghabiskan waktu di jalan. 
Media sosial terdiri dari tiga elemen yang penting di dalamnya, yaitu tulisan, suara, dan gambar. Terutama untuk tulisan dan gambar menjadi dua hal yang cukup penting dan dibutuhkan. Bagi yang hobi desain, Anda bisa mendapatkan pekerjaan dalam bidang media sosial. Jobdesc dari desainer grafis ini adalah memvisualisasikan tulisan-tulisan dalam bentuk 2D atau 3D sehingga membuat tulisan menjadi lebih menarik.

Kemudian pada saat SMA, murid diberikan bimbingan karir guna mengetahui langkah mereka selanjutnya, apakah mereka lebih baik lanjut untuk masuk ke perguruan tinggi atau menggunakan ijazah SMA untuk mencari pekerjaan. Bimbingan karir juga membantu menentukan perguruan tinggi mana yang sesuai dengan keinginan mereka atau pekerjaan apa yang sesuai dengan keahlian mereka.

Kuasailah perlengkapan kerja Anda. Sukses bekerja dari rumah berarti Anda harus menguasai sistem komputer, telepon, dan faksimili. Alat-alat ini akan menjadi penolong Anda dan jika ingin sukses di lingkungan profesional bekerja di rumah, Anda tidak akan bisa meminta bantuan siapa pun. Jadi, sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah, Anda harus tahu seluk-beluk perlengkapan kerja di rumah.[2]
2.    Menurut Marsudi (2003:113) Bimbingan karir adalah  suatu perangkat, lebih tepatnya suatu program yang sistematik, proses, teknik, atau layanan yang dimaksudkan untuk membantu individu memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan, pendidikan, dan waktu luang, serta mengembangkan ketrampilan-ketrampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya
Bimbingan karir dapat dilakukan melalui proses konsultasi, semacam percakapan antara pengajar BK. Cara lain adalah dengan mengadakan tes psikologi atau tes IQ yang dapat menentukan hobi, bakat, kegemaran serta keahlian siswa. Tes ini bertujuan untuk membantu siswa menyadari minat mereka dan kemampuan mereka sejak dini, sehingga mereka tahu bidang pekerjaan mana yang sesuai dengan diri mereka.
Jika anda sudah selesai membaca planing kerjaan sampingan diatas, saatnya anda mengetahui pekerjaan sampingan apa yang paling cocok untuk anda. Ada banyak sekali kerjaan sampingan yang bisa anda coba. Namun tidak semua pekerjaan tersebut masuk dalam kriteria kerjaan sampingan yang anda inginkan. Jika tidak masuk ke dalam kriteria tersebut anda bisa menolaknya ataupun bagi anda yang ingin mencobanya semoga anda berhasil dengan kerjaan sampingan yang anda pilih. Berikut ini 14 recommended pekerjaan sampingan yang bisa anda coba.

“Kebanyakan peserta yang sudah mendapat latihan di JARO berkeyakinan untuk bekerja di tempat lain, namun masih ada dalam kalangan OKU di sini tidak berminat untuk be­kerja di luar, selain masih ba­nyak agensi-agensi pekerjaan awam dan swasta tidak me­nyediakan serta memberi peluang kepada golongan OKU khu­sus­nya mereka yang cacat penglihatan, ke­rana itu kami me­ngambil inisiatif mem­beri mereka peluang pe­kerjaan melalui kerja-kerja kraf ta­ngan, penjilidan buku secara manual dan pe­rabot ber­asaskan rotan.
Grace dan Debora, dua mahasiswi semester VII dari perguruan tinggi negeri di Surakarta, merasa pelatihan ini sangat banyak memberikan ruang diskusi untuk memasuki dunia profesional yang mereka minati. Yang paling mereka sukai adalah adanya sesi simulasi kasus yang didiskusikan para peserta bersama para narasumber. Begitu pula tanggapan Edo, fresh graduate dari Semarang yang mengaku para pembicara sangat terbuka memancing partisipasi tanpa ada sekat yang membuat mereka segan untuk bertanya,”Saya kira bakal ada sekat, tapi pesertanya nanya apapun pasti dijawab, bagus,” katanya.
3. Belajar menulis dengan laju. Cabaran menyiapkan 44 entri selama 20 hari memaksa diri untuk berfikir, menulis supaya setiap hari ada entri terkini di blog. Walaupun kadang-kadang saya terbabas disebabkan kesibukan kerja. Tapi untuk menyiapkan entri di dalam masa yang ditetapkan memaksa saya berusaha mencari idea untuk menulis. Secara tidak langsung dalam satu hari saya belajar untuk menulis sehingga lima entri.
Apakah sebenarnya manfaat bekerja sampingan? Jelas bekerja sampingan dapat menghsilkan income tambahan. Misalnya income pokok anda perbulan kurang lebih 3 juta, maka dengn bekerja sampinagan anda bisa memperoleh pemasukan tambahan sekitar 300-500 ribu. Selain itu anda juga akan belajar lebih menghargai waktu anda. Beekrja sampingan bisa dibilang lebih menghargai waktu untuk hal-hakl yang positif. Ada juga yang mengatakan bahwa bekerja sampingan merupakan antisipasi jika and terkena PHK.
Untuk membantu para fresh graduate inilah Hukumonline Training Center untuk pertama kalinya menyelenggarakan Pelatihan bertema “Bimbingan Kerja Untuk Fresh Graduate Hukum” di Jakarta pada 29-31 Agustus 2017. Tidak hanya para sarjana baru, mahasiswa tingkat akhir pun diundang hadir mengikuti pelatihan ini. Bersama para profesional handal berpengalaman puluhan tahun, berbagai profesi hukum di sektor hukum bisnis dikupas tuntas dalam pelatihan selama tiga hari.
Apalah arti kerja dari pagi sampai malam, lama-lama bisa tua dijalan karena pulang terkena macet. Saat ini bekerja harus di kantor merupakan pekerjaan yang sangat bagus untuk kebanyakan orang yang mencari pekerjaan. Cara orang berpikir gaya lama mungkin punya minset harus bekerja di kantor. Namun di era modern yang canggih ini berbeda, bekerja tidak harus ke luar rumah membuang waktu dan tenaga.
×