Bimbingan karir sangat diperlukan oleh siswa, terutama siswa pada masa perguruan tinggi. Banyak sekali mahasiswa dengan lulusan A bekerja pada bidang B, ini berarti mereka telah ‘salah’ dalam memilih jurusan, atau mereka memilih bidang pekerjaan yang tidak tepat. Memang tidak ada salahnya memilih bidang pekerjaan yang berbeda dengan jurusan, tetapi pasti lebih baik lagi apabila kalian telah memiliki bekal keahlian-keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang akan datang, agar kalian lebih berkualitas.

Terdapat enam program yang menarik sepanjang program ini Seperti Jelajah Kembara, Kerjaya Dalam Industri Media, Peluang Kerjaya Bersama Avon,  Pep Talk With The Right Man oleh Ustaz Izhar Ariff, Bicara Kerjaya dan Pengucapan Awam oleh Ally Iskandar, personaliti TV3. Disamping itu, terdapat aktiviti-aktiviti lain yang turut diadakan seperti pembukaan booth oleh Jobs Malaysia, Berita Harian, Tabung Haji, IKON, Avon, dan NIB Exhibition; Mock & Real Interviews, 30 Minutes Special Slot with IKON dan Lucky Draw and Games.
Tarikh              :           17 Ogos 2018 Masa                :           9.00 pagi – 12.30 tengahari               Pada tanggal 17 Ogos yang lalu bersamaan dengan hari Jumaat, sebuah program bulanan telah diadakan oleh pihak pengurusan Pusat Internet KPHI ini bersama-sama dengan komuniti setempat. Program yang dijalankan adalah bertujuan untuk menguji kepantasan peserta dalam menyelesaikan puzzle yang diberikan. Peserta akan diberikan masa untuk menyelesaikan soalan yang berkaitan dengan kemerdekaan sebelum memberi klu untuk mencari di mana terletaknya cebisan puzzle yang telah disembunyikan di sekitar PI KPHI samada di dalam atau di luar bangunan. Peserta akan mencari puzzle... read more
Menjadi sosial media traveler adalah pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai, namun kamu perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel, maskapai penerbangan, hingga agen perjalanan untuk memberikan review akan sebuah produk.
Beri anak pilihan kegiatan. Belbeck biasa melakukan ini ketika anak-anak mulai bosan. Ia akan memberikan mereka setumpuk kertas yang berisi catatan kegiatan apa saja yang merka bisa pilih; misalkan ‘membersihkan ruang bermain’ atau ‘membangun menara lego paling tinggi sedunia’. Saat mereka lebih besar, Belbeck mencoba meminta mereka untuk ikut mengerjakan pekerjaannya, misalnya dengan merapikan file, menyortir surat, dan lain sebagainya.
Manfaatkan perangkat lunak perusahaan Anda sepenuhnya. Produk seperti Office 365, Skype for Business, SharePoint, dan Windows Phone telah terbukti membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif di rumah. Perangkat lunak yang baik akan membantu Anda terhubung dengan tim secara real-time melalui konferensi, IM, video, dan berbagi, juga membantu memanfaatkan alat keamanan dan kepatuhan tingkat lanjut, laporan interaktif, dasbor yang lebih sederhana, dan visualisasi data yang menarik.

Para siswa yang melanjutkan pendidikannya, maupun yang langsung bekerja, tidak langsung demikian saja tetapi melalui suatu proses pengambilan keputusan mengenai suatu pekerjaan yang dipilihnya. Hal tersebut sangatlah kompleks dan memerlukan sebanyak-banyaknya informasi, pengetahuan, pertimbangan, dan didalamnya terkandung suatu harapan dan keyakinan atas apa yang di perbuat.

Jagalah agar meja kerja selalu teratur. Meja kerja harus rapi dan teratur sebagaimana mestinya jika Anda bekerja dari rumah. Satu-satunya benda yang bersifat pribadi di atas meja kerja adalah foto atau benda kenangan yang sama seperti yang Anda letakkan di meja kantor Anda. Meja kerja harus cukup luas untuk meletakkan komputer, dokumen-dokumen, dan peralatan kantor.


Baik Anda adalah pekerja jarak jauh purnawaktu maupun paruh waktu, atau hanya ingin menyelesaikan proyek di rumah atau di luar kantor, Anda tidak sendirian. Menurut Global Workplace Analytics, jumlah orang yang bekerja di rumah, tidak termasuk wiraswasta, telah meningkat hingga 103 persen sejak tahun 2005 dan tidak ada tanda-tanda angka ini akan berhenti; dengan 3,7 juta karyawan yang kini bekerja dari rumah, setidaknya untuk separuh waktu kerja mereka. Sistem kerja jarak jauh memberikan banyak keuntungan bagi para pekerja, termasuk fleksibilitas dan keseimbangan dunia kerja yang lebih baik, juga bagi para pengusaha yang dapat menghemat biaya dan menemukan tenaga kerja dengan berbagai kemampuan. Dengan semakin banyaknya orang yang bekerja dari jarak jauh, penting bagi Anda untuk mencari cara agar dapat tetap produktif, terhubung, dan bahagia.
Menjadi seorang freelancer hanya perlu mengetahui sejauh mana kemampuan yang Anda miliki. Ketika Anda sudah menemukannya, akan sangat mudah menentukan pekerjaan yang Anda inginkan. Penghasilan tambahan menjadi seorang freelancer memang tidak menentu seperti kebanyakan pegawai kantor. Tetapi akan sangat terasa hasil yang didapat ketika Anda mengerjakan banyak proyek. Contohnya adalah seorang online travel writer. Selain mendapatkan bayaran yang menjanjikan, Anda juga bisa pergi ke banyak tempat secara gratis.

Selain itu, bimbingan karir juga perlu diberikan pada mahasiswa untuk melatih mental mereka pada saat bekerja. Tidak sedikit dari mereka yang ketika bekerja, tidak mampu beradaptasi atau kalah saing hanya karena mental mereka belum terlatih dengan persaingan profesional seperti pada saat mereka bekerja. Bimbingan karir dapat membantu mereka agar mempunyai gambaran mengenai situasi pada pekerjaan yang mungkin akan mereka hadapi.


Sehinggalah pada bulan Januari lalu, Puan Arbee Ali mesej saya dan menjemput saya menyertai Kelas Asas Penulisan Blog ini. Pada masa itu memang saya sudah pasang niat untuk membuka blog baru setelah menjadi Perancang Harta Pusaka. Kerana hal ehwal harta pusaka ini kadangkala lebih sesuai diceritakan panjang lebar melalui blog berbanding di facebook. 
Koneksi internet buruk? Pergilah keluar. Mungkin, ada situasi ketika layanan internet yang tersedia tidak mencukupi, tergantung pada tempat Anda tinggal. Sekitar 55 persen penduduk AS hanya memiliki satu penyedia dengan kecepatan 25 megabit per detik, yaitu jumlah minimal FCC yang diperlukan untuk mengakses aplikasi online paling canggih. Kemudian, dengan 75 persen warga Amerika pengguna internet yang saat ini masih menggunakan koneksi DSL, kabel, atau fiber untuk online di rumah, kita mungkin mulai menjadi tenaga kerja yang lebih fleksibel. Menurut Biro Sensus Amerika Serikat, jumlah pengguna internet turun dari 82 persen hanya dalam beberapa tahun, tetapi koneksi perangkat seluler meningkat dari 10 persen menjadi 20 persen dalam periode waktu tersebut. Untungnya, hotspot Wi-Fi dan paket data broadband dapat mendukung terbentuknya tenaga kerja jarak jauh. Plus, saat ini juga banyak alat produktivitas canggih dan populer yang mudah diakses di perangkat seluler Anda. Alat tersebut mencakup aplikasi kerja yang memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan berbagi file dari PC/Mac atau iOS, perangkat Android, atau Windows dengan siapa pun secara real-time. Jika koneksi internet sedang tidak cukup baik, Anda pun dapat menggunakan perangkat seluler dengan mudah untuk melanjutkan pekerjaan.
Dengan kerja dari rumah pasti akan berkembang dan berubah seiring denagn kemajuan zaman begitulah kata orang bijak. Apabila Anda kreatif dalam menjalankan pekerjan tersebut maka akan banyak menuai hasil yang ingin Anda inginkan. Cara kerja dari rumah online ini sangat mudah, hanya dengan bermodalkan internet dan Smartphone saja anda bisa melakukannya.
×