Menjadi blogger adalah pekerjaan di bidang media sosial yang selanjutnya. Kamu yang hobi menulis tapi tak mau menjadi penulis buku, perlu mencoba jenis pekerjaan yang satu ini. Untuk bisa menjadi blogger profesional, kamu perlu mengumpulkan beberapa modal terlebih dahulu. Di antaranya adalah blog yang sudah top level domain (.com, .co.id, atau yang lainnya) serta tema atau niche untuk halamanmu. Beberapa niche yang banyak digunakan oleh blogger profesional adalah beauty, fashion, makanan, parenting, teknologi serta masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga sebaiknya memiliki ketelatenan dalam mengurus blog agar bisa mendatangkan keuntungan.

Dengan melihat tingginya pengguna media sosial yang ada di Indonesia, tentunya beberapa pebisnis dan perusahaan memanfaatkannya untuk media pemasaran bisnis yang mereka jalankan. Bahkan, tidak hanya perusahaan dalam negeri saja, banyak perusahaan-perusahaan multinasional ataupun luar negeri yang menggunakan media sosial guna memperluas jaringan perusahaannya.
Antara agensi tersebut ialah Jabatan Tenaga Rakyat, Kementerian Belia dan Sukan, Kementerian Pendidikan Makaysia, Jabatan Perkhidmatan Awam, Majlis Amanah Rakyat (MARA), Pejabat Kedutaan, Pejabat Suruhanjaya Tinggi negara asing di Malaysia, Universiti dan Institusi Pengajian Tinggi tempatan, MACEE (Malaysian American Council for Educational Exchange), British Counsil, Institut-institut Latihan Kemahiran, Pusat-Pusat Latihan, Kilang-Kilang, Agensi-agensi Pekerjaan, Unit Bimbingan dan Kaunseling Kerjaya Sekolah dan Agesi dan Internet.

Di samping pekerja yang memanfaatkan sistem kerja jarak jauh untuk menyelesaikan pekerjaan dari kantor, orang-orang yang memanfaatkannya sebagai pengganti kehadiran di kantor kini juga semakin banyak. Dengan berkembangnya tren ini, plus 55 persen lulusan perguruan tinggi yang melaporkan bahwa mereka telah menerapkannya dalam bekerja, memiliki alat yang tepat agar pengalaman bekerja di rumah dapat menjadi lebih fleksibel, produktif, dan berhasil adalah hal yang sebenarnya jauh lebih penting bagi Anda.

Nyatanya, penelitian baru dari University of Arizona memperlihatkan 40% dari karyawan yang bekerja dari rumah merasa tidak terhubung dengan arahan strategis perusahaan dan sepertiga dari mereka merasa tidak mendapatkan dukungan dari para atasan, demikian menurut Joe Carella, asisten dekan dari pendidikan eksekutif di Eller College of Management, University of Arizona.
Jangan hanya membuang waktu Anda berdiam diri menunggu pekerjaan datang, carilah peluang bekerja sebagai freelancer yang juga memiliki banyak keuntungan. Jika sudah memiliki pengalaman menjadi seorang freelancer dengan berbagai macam klien, maka akan memudahkan bagi Anda seorang fresh graduate dalam mendapatkan pekerjaan. Anda dapat menemukan berbagai lowongan freelance pada website seperti Sribulancer.com atau Elance.com.

1.    Menurut Winkel (2005:114) Bimbingan karir adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja atau jabatan /profesi tertentu serta membekali diri supaya siap memangku jabatan itu, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapanan pekerjaan yang dimasuki. Bimbingan karir juga dapat dipakai sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan peserta didik yang harus dilihat sebagai bagaian integral dari program pendidikan yang diintegrasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi


2.    Menurut Marsudi (2003:113) Bimbingan karir adalah  suatu perangkat, lebih tepatnya suatu program yang sistematik, proses, teknik, atau layanan yang dimaksudkan untuk membantu individu memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan, pendidikan, dan waktu luang, serta mengembangkan ketrampilan-ketrampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya
Apalah arti kerja dari pagi sampai malam, lama-lama bisa tua dijalan karena pulang terkena macet. Saat ini bekerja harus di kantor merupakan pekerjaan yang sangat bagus untuk kebanyakan orang yang mencari pekerjaan. Cara orang berpikir gaya lama mungkin punya minset harus bekerja di kantor. Namun di era modern yang canggih ini berbeda, bekerja tidak harus ke luar rumah membuang waktu dan tenaga.
×