Lakukanlah survey ke tempat bimbingan belajar yang lain agar anda bisa mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh tempat bimbingan lain, serta keunggulannya  yang nantinya dapat anda tiru keunggulannya serta tidak melakukan kelemahan yang mereka lakukan. Anda bisa melakukannya dengan cara meminta brosur kepada tempat bimbingan tersebut atau bertanya informasinya kepada orang-orang yang sudah berenang   belajar di tempat bimbingan tersebut.
Jika anda dahulu pernah bekerja dalam bidang teknikal, memang ada permintaan untuk penulisan teknikal. Jika bekerja dalam bidang Human Resource, boleh bantu sesiapa yang ingin buat resume atau cover letter dengan sedikit bayaran. Proofreading dan editing juga salah satu cabang yang boleh diambilkira. Hanya baca semula teks yang ditulis, perbetulkan mana-mana tulisan dan tatabahasa yang salah agar nampak lebih kemas.

2.    Menurut Marsudi (2003:113) Bimbingan karir adalah  suatu perangkat, lebih tepatnya suatu program yang sistematik, proses, teknik, atau layanan yang dimaksudkan untuk membantu individu memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan, pendidikan, dan waktu luang, serta mengembangkan ketrampilan-ketrampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya
Jangan biarkan teman dan keluarga mengganggu jadwal kerja Anda. Teman dan keluarga mungkin tidak mengerti bahwa “bekerja dari rumah” berarti “benar-benar bekerja”. Mereka mungkin akan menelepon Anda untuk mengobrol pada jam kerja atau mengundang Anda untuk sarapan di luar atau bahkan meminta bantuan karena mereka tidak mengerti bahwa Anda sesungguhnya harus berada di balik meja dan bekerja serius.
1.    Menurut Winkel (2005:114) Bimbingan karir adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja atau jabatan /profesi tertentu serta membekali diri supaya siap memangku jabatan itu, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapanan pekerjaan yang dimasuki. Bimbingan karir juga dapat dipakai sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan peserta didik yang harus dilihat sebagai bagaian integral dari program pendidikan yang diintegrasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi

Sebelum bekerja untuk 3M, Desy, demikian ia biasa disapa, telah berprofesi sebagai in house counsel di berbagai perusahaan multinasional lainnya selama belasan tahun. Desy memaparkan dengan pengalamannya bagaimana in house counsel bekerjasama lintas unit mulai dari HRD, Internal Audit, Compliance, Corporate Secretary, hingga langsung berurusan dengan jajaran Direksi. Dijelaskan pula jenis-jenis dokumen perusahaan yang harus dipahami dalam menjalankan peran sebagai penasehat hukum bagi perusahaan. Desy juga memberikan simulasi khusus bagi peserta mengenai kasus hukum yang biasa ditangani in house counsel dalam perusahaan.
2.    Menurut Marsudi (2003:113) Bimbingan karir adalah  suatu perangkat, lebih tepatnya suatu program yang sistematik, proses, teknik, atau layanan yang dimaksudkan untuk membantu individu memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan, pendidikan, dan waktu luang, serta mengembangkan ketrampilan-ketrampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya
Jangan biarkan teman dan keluarga mengganggu jadwal kerja Anda. Teman dan keluarga mungkin tidak mengerti bahwa “bekerja dari rumah” berarti “benar-benar bekerja”. Mereka mungkin akan menelepon Anda untuk mengobrol pada jam kerja atau mengundang Anda untuk sarapan di luar atau bahkan meminta bantuan karena mereka tidak mengerti bahwa Anda sesungguhnya harus berada di balik meja dan bekerja serius.

Pada era yang serba digital ini, media sosial memang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Fungsi dari media sosial pun kian bergeser dari yang sebelumnya sebagai media komunikasi, kini menjadi wahana untuk eksistensi diri. Menurut data, pengguna media sosial yang aktif di Indonesia pada Januari 2017 mencapai 106 juta jiwa. Angka tersebut tergolong tinggi jika dibandingkan dengan pengguna media sosial di negara-negara berkembang yang lainnya.


Jangan mengerjakan hal-hal pribadi selama jam kerja. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga saat sedang bekerja, atau bahkan membuat janji pribadi, tindakan tersebut bukanlah sikap yang profesional untuk mencampuradukkan tugas-tugas rumah dengan pekerjaan Anda yang sebenarnya. Anda mungkin merasa cara ini dapat menghemat waktu, namun sesungguhnya Anda kehilangan waktu dengan berusaha menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus.
Beberapa dari Anda mungkin memiliki penghasilan yang baik tetapi tidak memiliki waktu. Siapa yang membesarkan anak-anak Anda saat Anda bekerja di luar sana untuk memperoleh penghasilan? Menurut statistik, 74% anak-anak dibesarkan oleh orang lain (pembantu, babysitter, atau anggota keluarga lain selain orang tuanya sendiri). Apakah menurut Anda ini cara yang benar untuk membesarkan anak Anda?
Dimana cari kerja sampingan? Tidak perlu takut ada beberapa masukan kerja sampingan yang bisa anda coba sambil bekerja, kuliah, momong anak, bahakan bekerja seperti biasnya pun anda bisa menjalninya kapan saja dan dimana pun. Itulah kelebihan zaman sekarang orang bisa bekerja sampingan tanpa harus kesana kemari mencari pekerjaan tersebut. Bekerja sambil bekerja tentu mengajarkan kepada anda bagaimana anda memanage keungan dan mendapatkan pengalaman penting untuk menjadi seorang enterperenuer kedepannya. Selanjutnya anda harus benar-benar paham akan manfaat bekerja sampingan baik untuk menunjang karir anda sendir ataupun mencari penghasilan tambahan.

Kuasailah perlengkapan kerja Anda. Sukses bekerja dari rumah berarti Anda harus menguasai sistem komputer, telepon, dan faksimili. Alat-alat ini akan menjadi penolong Anda dan jika ingin sukses di lingkungan profesional bekerja di rumah, Anda tidak akan bisa meminta bantuan siapa pun. Jadi, sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah, Anda harus tahu seluk-beluk perlengkapan kerja di rumah.[2]


Passion adalah motivasi anda pada saat bekerja dan mengetahui apa kegemaran kalian sebelumnya dapat menghemat waktu anda mencari pekerjaan. Walaupun pasti banyak sekali faktor lain yang membuat kalian harus atau terpaksa menerima pekerjaan di luar dari passion kalian, kalian harus tetap teguh dan percaya diri karena passion adalah hal yang dapat membuat kalian lebih berkembang di karir.
Sebagian besar isi konten dari akun-akun tersebut tidak dibuat langsung oleh brand atau instansi pemerintah itu sendiri. Mereka biasanya bekerja sama dengan content writer yang bertugas mengisi setiap postingan tersebut. Seorang content writer harus memiliki ide-ide yang selalu fresh agar tema dari setiap akun yang ditangani itu terwakili. Untuk menjadi content writer kamu juga diwajibkan untuk melakukan riset, baik riset untuk bahan tulisan serta riset tren yang terjadi di media sosial.
Maklumat mengenai kerjaya ini pula mencakupi maklumat yang berkaitan dengan jenis-jenis latihan, tempat mendapatkan latihan, keperluan kelayakan akademik, cara menghadapi temuduga, cara menulis resume, cara memohon kerja, jenis-jenis pekerjaan, deskripsi pekerjaan, peluang pekerjaan dan prospek kerja di masa depan. Semua maklumat-maklumat ini penting bagi membolehkan individu membuat keputusan akhir mengenai sesuatu pekerjaan.
Tidak terbatas hanya untuk perusahaan, jasa Social Media Specialist juga digunakan oleh individu, terutama para public figure seperti politisi dan selebritis. Bagi mereka, citra dan popularitas sejak dulu dianggap sebagai salah satu parameter kesuksesan, dan kini keberadaan social media menjadi medium baru untuk mendulang ketenaran. Di sinilah kepiawaian Social Media Specialist memposisikan dan memanipulasi citra sang klien di dunia maya sangat dibutuhkan.

Menyandang gelar Sarjana Hukum (SH) adalah penantian bagi setiap mahasiswa Fakultas Hukum dalam perjalanan studi sepanjang semester. Ketika akhirnya berhasil melewati sidang skripsi dan dinyatakan lulus, senyum sumringah sang sarjana akan menghiasi hari-hari hingga tiba upacara wisuda. Sayangnya senyum ini bisa hilang manakala belum mendapatkan pekerjaan. Sehari setelah wisuda, pertanyaan ‘kerja dimana nanti?’ Akan datang bertubi-tubi.
Era konseptualKonsep yang terdapat dalam era ini adalah era sekarang ini adalah era konseptual. Pada era ini informasi sudah tidak ada harganya lagi karena sanagt mudah untuk didapat. Di era ini sangat menyenangkan dan sangat modern karena orang tidak harus bekerja keluar rumah. Tanpa harus berangkat pagi dan pulang malam, tapi bisa dikerjakan sendiri dirumah. Dengan banyak manfaat dan waktu untuk keluarga.
×