Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di Internet. Meskipun Anda menghabiskan waktu sepanjang hari untuk bekerja daring, jangan terganggu dengan memeriksa email, Facebook, situs-situs berita favorit, atau situs-situs favorit lainnya terlalu sering. Meskipun Anda mungkin tidak berpikir bahwa mengklik lima situs favorit setiap lima menit membuat Anda kehilangan waktu, namun waktu tersebut tidak bertambah, malah akan membuat Anda kurang fokus dengan pekerjaan.


Menyandang gelar Sarjana Hukum (SH) adalah penantian bagi setiap mahasiswa Fakultas Hukum dalam perjalanan studi sepanjang semester. Ketika akhirnya berhasil melewati sidang skripsi dan dinyatakan lulus, senyum sumringah sang sarjana akan menghiasi hari-hari hingga tiba upacara wisuda. Sayangnya senyum ini bisa hilang manakala belum mendapatkan pekerjaan. Sehari setelah wisuda, pertanyaan ‘kerja dimana nanti?’ Akan datang bertubi-tubi.
Tulislah jadwal harian, mingguan, dan bulanan. Jika Anda bekerja sebagai karyawan penuh yang membutuhkan jam kerja 40 jam seminggu, buatlah target jam kerja teratur dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Anda dapat mulai sedikit lebih awal atau selesai lebih awal jika harus disesuaikan dengan keperluan Anda, namun Anda harus ada selama jam kerja sehingga bisa berkomunikasi dengan kolega Anda.
Dimana cari kerja sampingan? Tidak perlu takut ada beberapa masukan kerja sampingan yang bisa anda coba sambil bekerja, kuliah, momong anak, bahakan bekerja seperti biasnya pun anda bisa menjalninya kapan saja dan dimana pun. Itulah kelebihan zaman sekarang orang bisa bekerja sampingan tanpa harus kesana kemari mencari pekerjaan tersebut. Bekerja sambil bekerja tentu mengajarkan kepada anda bagaimana anda memanage keungan dan mendapatkan pengalaman penting untuk menjadi seorang enterperenuer kedepannya. Selanjutnya anda harus benar-benar paham akan manfaat bekerja sampingan baik untuk menunjang karir anda sendir ataupun mencari penghasilan tambahan.
Menjadi sosial media traveler adalah pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai, namun kamu perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel, maskapai penerbangan, hingga agen perjalanan untuk memberikan review akan sebuah produk.
Fakta menyebutkan bahwa di Indonesia, masalah lulusan baru yang menjadi pengangguran jumlahnya cukup banyak. Menurut BPS (Biro Pusat Statistik) hingga Februari 2016 terdapat 10% lulusan universitas menganggur. Banyak faktor dapat menyebabkan terjadinya pengangguran tersebut. Mungkin saja karena lapangan kerja yang kurang atau mereka tidak banyak yang menjadi pencipta kerja. Tetapi salah satu faktor yang sangat berkontribusi adalah kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas.
Banyaknya jumlah pencari kerja di seluruh dunia menjadi salah satu masalah yang selalu ingin diselesaikan oleh semua negara. Jutaan orang rela mengantri untuk diterima di perusahaan agar dapat bekerja dari jam 9 pagi ke 5 sore demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Berbagai seleksi masuk kerja mulai dari tes kemampuan sampai tes kesehatan pun rela dilakukan untuk mendapatkan penghasilan.
×