Bedakan kehidupan profesional dan kehidupan rumah. Salah satu kekurangan bekerja dari rumah adalah segala sesuatu yang Anda perlukan untuk bekerja tersedia untuk Anda. Artinya, Anda dapat bekerja setiap jam sepanjang hari jika mau. Namun, jika Anda ingin hidup normal, Anda harus menentukan jam kerja dan bersikap tegas untuk tidak melakukan pekerjaan ekstra di sore atau pagi hari jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.
Jangan menghabiskan waktu selama satu jam untuk berbicara di telepon dengan teman Anda atau berkumpul bersama teman seharian. Anda bisa berhubungan dengan teman saat istirahat makan siang, tapi jangan terlalu banyak bersosialisasi sepanjang hari karena Anda bisa keluar dari jalur. Anda tidak akan menghabiskan waktu menelepon teman selama satu jam ketika berada di kantor, kan?
Ubahlah lingkungan kerja Anda agar terhindar dari gangguan. Jika Anda memiliki jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja sepanjang Anda memiliki komputer, cobalah untuk bekerja di kafe seminggu sekali dan rasakan perbedaannya. Jika Anda merasa lebih fokus dan teratur dengan lingkungan kerja semacam ini dan kurang tergiur untuk melakukan pekerjaan rumah atau mengirim SMS pada teman, maka mungkin lingkungan semacam ini lebih baik untuk Anda daripada di rumah.
Ini adalah kali kedua saya berada di kelas ini. Sebelum ini saya bersama Puan Azura Abdullah, salah seorang pengurus online ABDR. Kali pertama saya mengambil masa sangat lama, hampir setahun juga untuk menyiapkan 44 entri disebabkan saya tidak konsisten dan tidak fokus dengan tugasan. Jadi saya masuk ke kelas ini kali kedua untuk memperbaiki kelemahan saya.
Kerja dari rumah dengan cara online tanpa modal saat ini menjadi trend terbaru 2017. Banyak peluang bisnis yang didapatkan dari kerja online. Dan hasilnya pun juga sangat memuaskan para pembisnis online. Apabila pernah mendengar kalimat nyentil dari almarhum Bob Sandino ” Kamu bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi, pulang sore, bayaran nggak seberapa, kerja apa dikerjain?”.
×