Jadilah fleksibel. Namun, tetap tahu kapan harus bersikap tegas. Pekerja jarak jauh yang baik pasti paham dengan jam kerja mereka, dan sepertinya generasi pekerja saat ini sudah tahu akan hal ini. Survei Deloitte terbaru menemukan bahwa generasi Milenial kini sangat mengutamakan keseimbangan kehidupan pribadi dan kerja yang baik, menganggapnya sebagai prioritas pertama untuk memilih tempat kerja, dan fleksibilitas (seperti bekerja dari rumah) menjadi kriteria berikutnya. Jika dipikirkan lagi, pekerja kantor biasa kini tidak harus mondar-mandir di kantor lagi untuk menjawab panggilan atau menghadiri rapat. Keunggulan dari sistem bekerja di rumah adalah fleksibilitasnya, misalnya dapat menjemput anak-anak di sekolah atau pergi ke gym pada hari kerja. Meskipun kemudian harus menggantinya di lain waktu, Anda tidak perlu bekerja selama 24 jam setiap harinya. Pastikan untuk melakukan hal-hal yang menandakan bahwa pekerjaan telah selesai untuk hari itu, seperti menonaktifkan telepon dan menutup email kerja Anda. Tentu saja, ada hari ketika kita perlu bekerja lembur. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi sebuah keharusan.
Biasanya berbekal portofolio dan pengetahuan terbatas para fresh graduate terjun bebas atau trial & error mengirim berkas lamaran ke berbagai firma hukum, perusahaan, atau lowongan profesi hukum apa saja.  Mereka yang lulus dari perguruan tinggi ternama dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi umumnya cepat lolos tahap administrasi untuk tahap wawancara. Namun IPK tinggi tak menjamin pasti lolos. Banyak yang gagal saat diwawancara antara lain akibat minimnya pengetahuan tentang profesi yang dilamar.
Jika anda sudah selesai membaca planing kerjaan sampingan diatas, saatnya anda mengetahui pekerjaan sampingan apa yang paling cocok untuk anda. Ada banyak sekali kerjaan sampingan yang bisa anda coba. Namun tidak semua pekerjaan tersebut masuk dalam kriteria kerjaan sampingan yang anda inginkan. Jika tidak masuk ke dalam kriteria tersebut anda bisa menolaknya ataupun bagi anda yang ingin mencobanya semoga anda berhasil dengan kerjaan sampingan yang anda pilih. Berikut ini 14 recommended pekerjaan sampingan yang bisa anda coba.

Para peserta kali ini datang dari fresh graduate dan mahasiswa tingkat akhir sejumlah kampus luar Jakarta seperti Universitas Udayana (Unud) Bali, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung. Tidak ketinggalan  peserta asal Jakarta dari Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Katolik Atma Jaya, dan Universitas Indonesia.
Penghasilan utama dari selebgram ini didapatkan dari endorsement serta kerjasama yang melibatkan brand-brand ternama. Seorang selebgram bisa mengantongi belasan juta rupiah hanya dengan mengunggah satu foto produk lho! Selain berupa materi, keuntungan yang didapat dengan menjadi selebgram adalah bisa ikutan tenar. Dengan penghasilan dan keuntungan tersebut, yakin nih kamu nggak ingin jadi selebgram?
Kebanyakan yang bekerja dirumah pasti ibu rumah tangga atau bahkan bisa juga bapak-bapak dan mahasiswa. Dengan adanya kerja online dari rumah ini sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan supaya tidak menganggur. Pasti Anda bertanya-tanya apakah ada pekerjaan seperti itu? Jawabnya benar adanya dan sekarang ini banyak sekali yang telah membuktikan terutama orang Indonesia.
Bimbingan karir dapat dilakukan melalui proses konsultasi, semacam percakapan antara pengajar BK. Cara lain adalah dengan mengadakan tes psikologi atau tes IQ yang dapat menentukan hobi, bakat, kegemaran serta keahlian siswa. Tes ini bertujuan untuk membantu siswa menyadari minat mereka dan kemampuan mereka sejak dini, sehingga mereka tahu bidang pekerjaan mana yang sesuai dengan diri mereka.
Menjadi sosial media traveler adalah pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai, namun kamu perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel, maskapai penerbangan, hingga agen perjalanan untuk memberikan review akan sebuah produk.
Jangan lupa untuk menyediakan perlengkapan kerja yang ergonomis. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di meja kerja, pastikan Anda memiliki kursi yang bisa menopang punggung serta keyboard dan mouse yang tidak membuat sakit pergelangan tangan. Jika Anda mengetik seharian, pertimbangkan untuk memiliki sideways mouse yang ergonomis atau split keyboard.
Selain promosi di sekolah, Anda juga harus mempromosikan bimbingan belajar Anda ke masyarakat sekitar karena usaha anda merupakan usaha rumahan di rumah Anda sendiri sehingga pastinya jika anda terkenal pintar di lingkungan Anda akan banyak orang-orang sekitar yang mau memasukkan anak mereka ke tempat bimbel anda, untuk masyarakat sekitar Anda bisa memberikan potongan harga untuk ruang les untuk anak-anak yang kurang mampu sehingga pastinya  mereka akan tertarik untuk masuk ke tempat bimbingan belajar anda.

Beberapa kerugian di atas beserta solusi yang akan Anda hadapi ketika memilih untuk bekerja di rumah memang cukup banyak. Untuk itu, jika ingin pekerjaan di  rumah cepat beres maka cobalah untuk menerapkan solusi tersebut. Peran Anda dalam kesuksesan pekerjaan tersebut memang penting, namun orang lain juga berperan penting seperti pengertian dari keluarga dan orang sekitar lingkungan juga tak kalah penting. Karena kalau mereka sudah tahu tentang kesibukan dari pekerjaan, tentu Anda tidak akan merasa terganggu akan kehadiran mereka,  karena mereka sudah mengerti kapan waktunya bersantai dengan Anda dan kapan sibuk bekerja.
Kerja internet dari rumah tidak akan membosankan dan tidak juga monoton atau berpenghasilan kecil. Contohnya saja seorang ibu rumah tangga yang mempunyai onlineshop yang tiap bulan menghasilkan puluhan juta Rupiah perbulan. Kerja dirumahpun tidak akan monoton karena anda masih bisa berinteraksi dengan teman dan sanak saudara serta keluarga. Sekarang ini banyak alat yang menunjang bisnis online, jadi tidak sulit untuk memakainya.
×