Biasanya tenaga pendidik dalam bimbingan karir adalah guru-guru bimbingan konseling atau akademisi (dosen atau tenaga pengajar) pada jurusan tertentu di suatu universitas. Selain dari institusi pendidikan, para pegawai bagian personalia, atau departemen HRD (Human Resources Department) juga dapat mengunjungi universitas untuk melatih para mahasiswa menuju dunia kerja.
Bimbingan karir di sekolah diarahkan untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman peserta didik akan ragam kegiatan dan pekerjaan di dunia sekitarnya, pengembangan sikap positif   orang lain, dan mengembangkan kebiasaan hidup yang positif. Bimbingan karir di sekolah dasar juga terkait erat dengan upaya membantu peserta didik memahami apa yang disukai dan tak disukai, kecakapan diri, disiplin, mengontrol kegiatan sendiri. Masalah karir yang terjadi pada siswa sekolah biasanya adalah:
Seiring dengan perkembangan dan pergerakan zaman yang kian cepat, bekerja tidak lagi harus Anda lakukan di kantor. Beberapa perusahaan start up justru meminta karyawan bekerja dari rumah demi meminimalkan biaya sewa gedung, listrik, hingga akses internet. Dari sisi pekerja, bekerja dari rumah juga terbilang menyenangkan lantaran Anda tidak perlu mengeluarkan uang transportasi atau menghabiskan waktu di jalan. 
Jika Anda  bekerja sebagai karyawan perusahaan, tentu setiap hari kerja harus menghadapi berbagai rintangan sebelum sampai ke kantor, misalnya kemacetan. Selain itu ketika pulang ke rumah dan dihadapi lagi oleh kemacetan di jalan, pastinya Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu di perjalanan pulang. Ditambah lagi, ketika sudah tiba di rumah dari kantor, tentu Anda akan merasa sangat lelah dengan begitu waktu pulang biasanya memutuskan untuk langsung beristirahat.
Sudah beberapa bulan saya aktif berblog. Saya masih ingat tarikh tepatnya, 19 Disember saya mula diberikan tugasan. Baru sahaja beberapa bulan saya kembali menulis di blog selepas mendaftar ke kelas blog bisnes di bawah Akademi Bekerja Dari Rumah ( ABDR). Hakikatnya, sebelum ini menulis tanpa guru, ibarat menebar gandum tiada burung. Begitulah umpamanya. 
Para siswa yang melanjutkan pendidikannya, maupun yang langsung bekerja, tidak langsung demikian saja tetapi melalui suatu proses pengambilan keputusan mengenai suatu pekerjaan yang dipilihnya. Hal tersebut sangatlah kompleks dan memerlukan sebanyak-banyaknya informasi, pengetahuan, pertimbangan, dan didalamnya terkandung suatu harapan dan keyakinan atas apa yang di perbuat.

Menjadi blogger adalah pekerjaan di bidang media sosial yang selanjutnya. Kamu yang hobi menulis tapi tak mau menjadi penulis buku, perlu mencoba jenis pekerjaan yang satu ini. Untuk bisa menjadi blogger profesional, kamu perlu mengumpulkan beberapa modal terlebih dahulu. Di antaranya adalah blog yang sudah top level domain (.com, .co.id, atau yang lainnya) serta tema atau niche untuk halamanmu. Beberapa niche yang banyak digunakan oleh blogger profesional adalah beauty, fashion, makanan, parenting, teknologi serta masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga sebaiknya memiliki ketelatenan dalam mengurus blog agar bisa mendatangkan keuntungan.
Kebanyakan yang bekerja dirumah pasti ibu rumah tangga atau bahkan bisa juga bapak-bapak dan mahasiswa. Dengan adanya kerja online dari rumah ini sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan supaya tidak menganggur. Pasti Anda bertanya-tanya apakah ada pekerjaan seperti itu? Jawabnya benar adanya dan sekarang ini banyak sekali yang telah membuktikan terutama orang Indonesia.
×